Haloo! Sekarang Ruang Literasi menerima tulisan-tulisan yang sesuai kriteria masing-masing rubrik. Tulisan-tulisan yang dikirimkan berupa artikel dengan jumlah 700-1500 kata.

Rubrik-rubrik yang bisa kawan-kawan isi antara lain:

Ruang Sehat. Rubrik ruang sehat ini terdiri dari:

  1. Rubrik Kuliner (tentang perkulineran, baik itu resep masakan, cerita seputar perkulineran, atau ragam kuliner dari berbagai penjuru dunia)
  2. Rubrik Jasmani (tulisan-tulisan tentang kesehatan jasmani dari berbagai perspektif, boleh dari perspektif ilmu medis barat hingga ilmu medis timur. Dokter dan Tabib boleh menulis di ruang ini.)
  3. Rubrik Ekonomi (tulisan-tulisan tentang perekonomian, mikro ataupun makro. Kenapa rubrik ekonomi kami sertakan dalam Ruang Sehat? Karena kami melihat perekonomian sebagai salah satu variabel penentu kesehatan finansial. Hehehe), dan
  4. Rubrik Psikologi (dalam rubrik ini, kawan-kawan psikolog atau kawan-kawan mahasiswa psikologi, atau kawan-kawan yang punya perhatian terhadap psikologi, bisa menuliskan semua yang terjadi dalam dunia psikologi. Baik tentang teori-teorinya, sejarahnya, atau kasus-kasus yang bersinggungan dengan psikis).

Ruang Literasi mencoba menyajikan tulisan-tulisan tentang kesehatan secara luas, tidak terbatas pada pemahaman kesehatan yang tunggal.

Ruang Santai. Seperti nama yang dipilih, dalam rubrik ini, kawan-kawan boleh menuliskan tema-tema santai yang biasa ditemui dalam keseharian. Ruang Santai terdiri dari:

  1. Rubrik buku (ulasan atau apresiasi terhadap sebuah buku),
  2. Rubrik Hallyu (ini ruang khusus untuk kawan-kawan yang menggemari k-pop dan dunia sekitarnya, hehe),
  3. Rubrik Film (ulasan tentang film, film lama atau terbaru, atau tulisan yang membahas teknis dan dunia perfilman juga boleh),
  4. Rubrik Acara (dalam rubrik ini, kawan-kawan boleh menulis tentang penyelenggaraan acara-acara yang berhubungan dengan dunia literasi, semisal bedah buku, seminar, pameran seni rupa, konser musik, dll.), dan
  5. Rubrik Teras (di rubrik ini kawan-kawan boleh menulis tentang apa pun, seperti halnya ketika kita ngobrol-ngobrol di teras).

Ruang Olahraga. Tulisan-tulisan tentang cabang olahraga apa pun. Ulasan tentang pertandingan sepak bola, misalnya. Ruang Literasi mengutamakan tulisan yang bersifat opini.

Ruang Seni. Bagi kawan-kawan yang senang menulis tentang seni dan sastra, di sinilah ruangnya. Ruang ini terdiri dari:

  1. Rubrik Sastra (cerpen, esai, puisi),
  2. Rubrik Musik (tentang apa pun seputar dunia musik, baik lokal hingga internasional, dari klasik hingga kontemporer),
  3. Rubrik Rupa (inilah ruang untuk kawan-kawan yang ingin menulis tentang dunia seni rupa. Tulisan-tulisan mengenai seni lukis, tokoh-tokoh, dan info-info terbarunya juga diterima di rubrik ini).

Bagi kawan-kawan kontributor, wajib menyertakan data diri yang meliputi; nama, akun media sosial, foto pribadi, nomor yang bisa dihubungi, keterangan singkat tentang diri, dan alamat lengkap (Bagian ini wajib).

Kawan-kawan yang sudah siap mengirimkan tulisan, klik tautan berikut.

Bagi tulisan yang dimuat, akan ada konfirmasi dari pihak redaksi. Dan jika tulisan tidak dimuat hingga masa tunggu berakhir (dua bulan), kontributor bisa menarik naskahnya kembali.

Ruang Literasi menolak tulisan atau artikel yang terindikasi dengan plagiasi. Tulis saja apa yang ada dalam benak kita, dan semua yang telah kita pertimbangkan secara matang. Ruang Literasi sangat menghargai kontributor yang beretika dalam dunia tulis-menulis. 🙂

Ruang Literasi menyediakan honor berupa paket buku bagi para kontributor yang tulisannya dimuat.

Kami tunggu, ya. Salam!