Kabar terbaru terkait perekonomian terdampak pandemi hadir dari bidang ekspor-impor. Program Director Indonesia Brand Forum, Yuswohady mengatakan penggunaan bahan baku yang diproduksi dalam negeri akan dilakukan berbagai merek lokal.

Hal ini disebabkan adanya pembatasan gerbang ekspor dan impor. Ini tentu menjadi peluang bagi pemasok bahan baku lokal yang selama ini kurang diminati.

Dilansir dari CNN Indonesia (26/6), Yuswohady mengatakan bahwa pengusaha akan cenderung mencari bahan baku di level lokal. Pandemi covid-19 memberi dampak kemunduran bagi globalisasi. Negara yang menjadi tersekat-sekat, tentu menjadi beban besar yang harus dipahami oleh pegiat usaha dan industri.

Ia juga mengatakan, karena pembatasan dan protokol tatanan normal baru, produksi barang akan mengalami pengurangan secara drastis. Penurunan produksi ini membuat setiap negara menekan ekspor guna memenuhi kebutuhan negara masing-masing.

Sejalan dengan itu, Benny Sutrisno, Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan, menyebutkan pihaknya pun telah melirik bahan baku dalam negeri. Khususnya bahan baku tekstil, pakaian jadi, dan sepatu yang selama ini dikuasai China dan Korea Selatan.

Pelaku usaha nasional, Menurut Shinta Kamdani, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), sejak Februari lalu sudah gencar melakukan upaya diversifikasi pasokan bahan baku dan bahan penolong produksi ke supplier alternatif di dalam dan luar negeri. Itu terjadi saat China memutus rantai pasokan.

Namun, Shinta menyatakan, Indusri manufaktur menemukan ketidakcocokan spesifikasi produk dan harga, dan itu membuat transisi tidak berjalan lancar.

Masalah kualitas dan daya saing yang masih sulit dipenuhi pelaku usaha dalam negeri juga menjadi sorotan, termasuk jumlah pasokan yang belum memadai.

Shinta juga mengkhawatirkan perkembangan industri pemakai jika pelaku pemasok dalam negeri tak kunjung memenuhi persyaratan tersebut. Di masa pandemi seperti ini, tentu hal demikian menjadi pertimbangan yang dilematis.

2
Reddy Suzayzt
Laki-laki sehat sentosa & bahagia.