Liga Primer Inggris akhirnya kembali bergulir mulai Kamis (18/6) setelah sempat tertunda selama tiga bulan akibat pandemi covid-19. Pertandingan dibuka antara Aston Villa kontra Sheffield United pada dini hari WIB tadi. Selanjutnya tersaji pertandingan antara Manchester City kontra Arsenal.

Laga Aston Villa kontra Sheffield United berakhir dengan skor imbang 0-0. Pertandingan tersebut juga sempat diwarnai kontroversi. Insiden ini dipicu masalah VAR (Video Asisstan Referee) yang tidak bekerja secara maksimal.

Pada menit ke-43, Sheffield United mendapatkan tendangan bebas. Eksekusi tersebut diambil Oliver Nordwood. Tendangan tersebut sejatinya dapat ditangkap oleh kiper Aston Villa Orjan Nayland. Namun, kemelut yang terjadi di depan barisan pertahanan tuan rumah membuat Orjan Nayland berbenturan dengan rekan timnya Keinan Davis hingga masuk ke gawang.

Sial bagi Sheffield United, hal tersebut tidak disahkan menjadi gol. Padahal pada tayangan ulang, jelas-jelas bola yang ada dalam dekapan Orjan Nayland melewati garis gawang. Protes yang dilayangkan pada wasit Michael Oliver juga tidak membuahkan hasil. Teknologi garis gawang tidak mengirimkan sinyal apa pun ke jam tangan yang dipakai sang pengadil.

Sementara pada laga big match, Manchester City kontra Arsenal berakhir dengan kemenangan telak tim tuan rumah. The Citizens berhasil melumat tim asal London tersebut dengan skor 3-0 di Etihad Stadium. Gol-gol pasukan Pep Guardiola diborong oleh Raheem Sterling, Kevin De Bruyne (P), dan Phil Foden. Kemenangan ini sekaligus menunda Liverpool untuk memastikan diri menjadi jawara Liga Primer Inggris musim 2019/2020.

Namun, sayangnya, keseruan Liga Primer Inggris kini tidak lagi dapat kita nikmati secara cuma-cuma melalui tayangan TVRI. Hal ini secara resmi telah dikonfirmasi oleh direktur utama TVRI Imam Brotoseno pada Selasa (16/6) kemarin.

Imam Brotoseno menjelaskan, untuk sementara waktu TVRI memang tidak lagi menyiarkan pertandingan Liga Primer Inggris. Hal ini terkait masalah hak siar yang masih belum diselesaikan. Dewan Pengawas dan Direksi TVRI juga sepakat untuk menghentikan tayangan Liga Primer Inggris.

Sementara itu, perwakilan Mola TV Mirwan Suwarno—selaku pemilik hak siar Liga Primer Inggris—juga mengonfirmasi jika penghentian tayangan Liga Primer Inggris di TVRI atas permintaan Direksi TVRI.

“Dari mereka [TVRI, red] yang minta untuk berhenti dulu karena masih ada urusan internal yang harus diselesaikan. Tidak ada permasalahan sama sekali antara TVRI dengan Mola TV,” ujar Mirwan dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (17/6).

Hal ini tentu membuat sebagian besar penggemar Liga Primer Inggris kecewa, lantaran tidak lagi bisa melihat tim kesayangannya bertanding melalui layar televisi secara cuma-cuma.

2
Ipank Pamungkas
Apa yang ada dinikmati.