Selalu banyak pelajaran yang bisa dipetik dari orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan besar. Kita bisa belajar dari kebiasaan-kebiasaaan baiknya seperti sikap pantang menyerah, kegigihan, caranya berkomunikasi dengan orang, termasuk juga dari pemikiran dan tekad besarnya meraih suatu tujuan. Begitu juga kalau kita melihat sosok seorang Jack Ma, pendiri Alibaba.com. Sebuah perusahaan market place terbesar di dunia yang berbasis di China.  

Sebelumnya Jack Ma bukanlah siapa-siapa. Ia berasal dari keluarga miskin, dan banyak mengalami kegagalan akademis di masa pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, Ia juga bukan ahli komputer, tapi justru berhasil mendirikan salah satu perusahaan belanja online terbesar di dunia yakni Alibaba.com.

Melihat banyaknya inspirasi dari sosok seorang Jack Ma, penerbit Ecosystem menerbitkan buku Jejak Sukses Jack Ma yang disusun oleh MS Ardison. Buku terjemahan ini memuat berbagai fakta Jack Ma, mulai dari masa kecil hingga sukses mendirikan Alibaba.com sebagai salah satu market place terbesar dunia. Buku ini berisi 5 Bab yang masing-masing isinya menceritakan perjuangan seorang Jack Ma, mulai perjuangan masa sekolahnya, latar belakang dirinya yang berasal dari keluarga miskin, menjadi pekerja biasa, hingga memutuskan untuk mendirikan Alibaba.com yang menjadi raksasa, market place dunia.

Bab pertama berisi tentang latar belakang Jack Ma yang berasal dari keluarga miskin,  masa kecil hingga masa muda Jack Ma yang penuh dengan kekurangan dan kegagalan. Ia gagal naik kelas beberapa kali dan gagal masuk ke universitas kelas tiga di kotanya, Hangzhou. Setelah itu, Jack Ma memutuskan untuk menjadi guru Bahasa Inggris dan pemandu wisata lepas di daerahnya. Tanpa lelah ia terus bekerja meski dengan penghasilan sedikit. Namun, rasanya Jack Ma tak mau melanjutkan pekerjaan di dunia pendidikan dan pariwisata yang ia tekuni. Ia meninggalkan pekerjaannya, lalu diperkenalkan dengan teknologi bernama komputer yang membuat dirinya belajar keras dan membawanya dapat menjadi teknisi internet meski secara otodidak.

Pada tahun 1995, Jack Ma mulai membangun perusahaan dengan Chinapages yang membuat sebuah jaringan perusahaan kecil & menengah di seluruh China. Melalui Chinapages ini lah, Jack Ma dapat membawa perusahaan kecilnya berpromosi ke seluruh dunia.

 Dengan kelengkapan data yang sistematis, rasanya buku ini cukup tepat untuk dimiliki siapa pun. Buku ini dapat merangsang intuisi dan nalar pembaca utamanya dalam logika dan filosofi dagang yang digunakan Jack Ma dalam membangun bisnis.

Skema bisnis Chinapages inilah yang dijadikan sebagai sampel perusahaan Alibaba.com yang kini menjadi raja bisnis online dunia. Melalui Alibaba.com, Jack Ma mengajak seluruh produsen kecil di China memasarkan produknya ke seluruh dunia melalui perdagangan online. Pergerakan inilah yang tanpa disadari oleh Jack Ma telah membuat China menjadi raksasa ekonomi dunia dengan banyaknya produk China yang terpasarkan ke seluruh dunia.

Bagaimanapun, Jack Ma telah membuktikan kepada negaranya dan dirinya sendiri bahwa dengan segala keterbatasan ia tetap mampu mengejar mimpinya menjadi pengusaha di bidang Teknologi Informasi. Begitulah jejak Jack Ma, masa kecil yang pahit ditambah kegagalan demi kegagalan telah menempanya menjadi pengusaha dunia yang pantang mengeluh apalagi  menyerah. Kini, Jack Ma menjadi salah satu ikon e-commerce dunia dengan Alibaba yang dibangunnya.

Judul               :  JEJAK SUKSES JACK MA

Halaman          :  148

Penerbit           :  ECOSYTEM PUBLISHING

Penulis            :  MS. Ardinson

Terbit               :  Mei  2017

No.ISBN         : 978-602-0808-35-2

2
Lucky Ramadhan
Orang NU yang tinggal di kawasan Muhammadiyah.