Setelah hiatus lebih dari satu tahun, akhinya, pada 26 Juni 2020, BLACKPINK kembali dengan pre-release single “How You Like That”. Girlgroup asuhan YG Entertaiment ini memang sudah dinantikan comeback-nya oleh banyak orang, terutama oleh BLINK—fan BLACKPINK. Pada comeback kali ini, girlgrup yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa ini memecahkan banyak rekor. Antara lain, premiere YouTube dengan penonton terbanyak yaitu 1,65 juta orang, dilansir dari BBC News, pencapaian tersebut bahkan melewati prestasi boygroup BTS yang tercatat pada Februari lalu.

Dalam 24 jam setelah dirilis, music video How You Like That” juga sudah ditonton hingga 86,3 juta views di YouTube. Rekor ini bahkan dikonfirmasi oleh YouTube dan Guiness World Records. Hal ini tentu membuat bangga BLINK yang sudah lama menunggu BLACKPINK kembali dengan musik yang keren. Sebelumnya, BLINK menargetkan 50 juta views dalam 24 jam. Faktanya, proyek streaming party BLINK melebihi target. Congrats BLACKPINK dan BLINK~

cr. BLACKPINK INSTAGRAM

Selain itu, BLACKPINK juga sukses mencapai 100 juta views kurang dari 2 hari, yakni dalam waktu 32 jam 22 menit saja. Akun instagram BLACKPINK pun mengunggah poster 100 juta views tersebut pada 28 Juni dini hari sebagai bentuk selebrasi pencapaian mereka. Bahkan, Rosé dan Jisoo juga mengucapkan terima kasih kepada BLINK lewat Insta Story masing-masing.

Tidak hanya pada platfrom YouTube, BLACKPINK juga memecahkan rekor pada platfrom Spotify. Dikutip dari Soompi, ketika pre-release single “How You Like That” rilis, lagu tersebut langsung debut di nomor 5 chart Global Top 50 harian, menetapkan rekor baru untuk girlgrup secara keseluruhan—bukan hanya K-pop. Bahkan, rekor ini menjadikan lagu “How You Like That” dengan peringkat tertinggi dari artis K-pop mana pun dalam sejarah Spotify.

Pada chart iTunes, BLACKPINK mampu bertengger di 60 negara dalam sehari. Dikutip dari Soompi, pada 27 Juni, YG Entertainment mengonfirmasi bahwa “How You Like That” memuncaki peringkat satu tangga lagu Top Songs iTunes di 60 negara. Selain itu, BLACKPINK juga mencapai Real time All Kill untuk rekor domestik di Korea Selatan dan berhasil menggenggam predikat real time all kill (RAK).

Jika kebanyakan girlgroup Korea melakukan comeback  dengan tampil di music show seperti Inkigayo, Music Core, dan Mcountdown, maka berbeda dengan BLACKPINK. Pada comeback  kali ini, penampilan perdana “How You Like That” dilakukan dengan tampil di show Jimmy Fallon. Lantaran adanya wabah pandemi, penampilan perdana tersebut dilakukan secara virtual. Selain menampilkan “How You Like That” untuk stage pertama kali, BLACKPINK juga berbincang dan bermain game bersama Jimmy Fallon.  

cr. the tonight show

Sukses dengan pre-release single “How You Like That”, BLACKPINK akan kembali dengan album pada bulan September nanti. Siapa nih yang tidak sabar dengan album terbaru BLACKPINK?  [caramellatte]

2