Kamis, September 29, 2022
Google search engine

Institut Agama Islam Darussalam Ciamis Gelar Acara Tamada

Melalui panitia pelaksana, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis gelar acara Ta’aruf Mahasiswa Darussalam (Tamada), pada Jumat (23/9/22).

Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB, diawali dengan persembahan tari sampurasun dari Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah (PGMI).

Tamada pada tahun ini mengangkat sebuah tema yaitu “Internalisasi Nilai-Nilai Tri Darma Perguruan Tinggi Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Yang Muslim Moderat, Mukmin Demokrat dan Muhsin Diplomat”

Adapun untuk serangkaian kegiatan tamada ini akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 September 2022.

Sementara itu, peserta tamada pada tahun ini yaitu berjumlah 412 orang, di antaranya 151 putra dan 261 putri.

Ketua pelaksana Lutfil Aziz mengungkapkan, bahwa tamada ini adalah masa ta’aruf bagi teman-teman kita semua bersosialisasi dengan ruang lingkup kampus ranah indah nyiur melambai ini.

Serta, lanjut dia, tamada ini akan membantu teman-teman semua untuk beradaptasi dengan lingkungan, teman dan kebiasaan baru yang tentunya tamada ini merupakan rangkaian pembentukan awal di mana teman-teman semua dibekali ilmu pengetahuan untuk senantiasa mempersiapkan diri di berbagai hal.

“Sebagaimana kita pelaku utama dari sebuah agen perubahan yang akan membawa perubahan masyarakat Indonesia ke arah yang lebih baik”, ungkap Lutfi.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Adytya Maulana Aziz mengatakan, saya harap kawan-kawan ikut partisipasi aktif kegiatan di kampus IAID Ciamis bukan hanya dalam kegiatan tamada saja.

Tetapi, jelas dia, yang menjadi besar harapan saya kawan-kawan kemudian menjadi ikut aktif, kritis, menghidupkan kembali kultur intelektual yang ada di kampus IAID Ciamis.

“Mahasiswa merupakan harapan besar bagi bangsa dan negara, agen-agen perubahan dan social control. Tanggung jawab ini kemudian harus di emban oleh kawan-kawan bukan hanya dalam kehidupan kampus tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat”, jelas Adytya.

Rektor IAID Ciamis Dr. Hj. N. Hani Herlina, S.Ag., M.Pd.I. menjelaskan, dengan disematkannya status mahasiswa dimulailah perjalanan akademik kalian di kampus IAID Ciamis ini.

“Kemudian, tujuan sebuah perjalanan akademik tidak sebatas hanya meraih gelar akademik, tetapi yang lebih penting adalah dicapainya kompetensi-kompetensi akademik yang meliputi aspek kognitif, keterampilan dan karakter serta kepribadian”.

“Semakin tinggi gelar akademik di raih, diharapkan juga semakin tinggi kualitas yang nanti akan kalian raih baik sikap maupun kepribadian,” tegas beliau.

Penulis:Nurul Amalia

Bagikan artikel

Ruang Literasi, merupakan organisasi internal kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang jurnalistik dan literasi—mencari, mengolah, menulis, mengedit, dan mempublikasi sebuah artikel ke khalayak melalui pemberitaan online. Ruang Literasi berdiri pada tanggal 26 November 2017 dan disahkan dalam Kongres KM IAID ke-16.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

- Advertisment -
Google search engine

Populer

Penutupan Tamada Tahun 2022

Setelah melaksanakan beberapa rangkaian acara, panitia pelaksana melangsungkan acara penutupan tamada, pada Minggu (25/9/22). Lantaran...

Tausiyah Pengasuh Ponpes Darussalam Dalam Pembukaan Tamada 2022

Pembina sekaligus pengasuh pondok pesantren Darussalam Ciamis Bapak K.H. Dr. Fadlil Munawwar Manshur, M.S....

“Derasnya Perjuangan dan Kasih Sayang Orang tua”, Di Bawah Naungan-Mu (2016)

Hasan adalah seorang mahasiswa UGM  jurusan Ilmu Sosial Dan Ekonomi. Hasan berasal dari sebuah...