@shiramedia

Pada April 2019, BTS kembali dengan album baru bertajuk “Map of The Soul: Persona”. Di mana sebelum album ini resmi dirilis bentuk fisiknya, pre-order sudah mencapai jutaan mengalahkan album sebelumnya, “Love Yourself: Answer”. Album “Map of the Soul: Persona” sendiri terdiri atas tujuh lagu. Yakni, “Intro: Persona”, “Boy With Luv”, “Mikrokosmos”, “Make it Right”, “HOME”, “Jamis Vu”, dan “Dionysus”. Tidak hanya pencapaian dari album dan lagu yang memecahkan banyak rekor dan menjadi perhatian. Judul album tersebut pun menjadi perhatian netizen, terutama ARMY—fan BTS.

Diketahui bahwa Map of the Soul merupakan sebuah judul buku yang ditulis oleh Murray Stein dengan judul asli Jung’s Map of the Soul. Menjadi banyak teori dan tebakan ARMY, track “Intro: Persona” pun menjadi kunci bahwa lagu tersebut memang terinspirasi dari buku Jung’s Map of the Soul: An Introduction. Bahkan, pada laman Bighit shop sebelumnya, pernah menampilkan judul buku tersebut sebagai rekomendasi bacaan. ARMY yang mengetahuinya pun menyerbu dan menjadikan buku tersebut mencapai penjualan best seller di Korea. Jung’s Map of the Soul: An Introduction juga sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh penerbit Shira Media.

Murray Stein sebagai penulisnya pun merasa bangga dan berterima kasih kepada BTS. Sebab, tidak hanya menjadikan buku itu menjadi best seller saja, tetapi telah memperkenalkan kembali analisis Jung’s kepada masyarakat umum. Dalam podcast Speaking of Jung, Murray Stein juga memberikan komentarnya tentang album “Map of the Soul: Persona”, di mana Murray Stein mengaku terkesan dengan member BTS, terutama RM, sang leader, yang dikenal gemar membaca.

“Saya senang bahwa mereka tertarik pada Jung dan buku saya, bahwa dengan begitu pesan dan misi visi Jung sedang ditransmisikan kepada banyak orang yang tadinya belum pernah mengetahui apa pun yang ada di pikiran Jung,” ujar Stein, dalam podcast Speaking of Jung, dikutip dari elitedaily.com.

http://amazon.com

Berkolaborasi dengan Steven Buser & Leonard Crus, Murray Stein pun menerbitkan buku Map of The Soul: Persona Our Many Face sebagai bentuk terima kasih dan apresiasinya terhadap lagu BTS.  Buku tersebut berisikan analisis Murray Stein terhadap track lagu-lagu BTS dalam album “Map of The Soul: Persona”. Di mana analisis lagunya dikaitkan dengan pemahaman psikologi yang ternyata saling berkaitan. Selain itu, buku ini juga menjabarkan lebih detail dari pokok pikiran yang diambil BTS dari buku Jung’s Map of the Soul: An Introduction.  

Kabar baiknya, buku Map of The Soul: Persona Our Many Face ini terbit di Indonesia, sehingga ARMY Indonesia dapat membaca dan memahami lagu-lagu BTS dengan pendekatan analisis psikologi. Diterbitkan oleh Shira Media, buku Map of The Soul: Persona Our Many Face  sudah mulai dipesan pada Juni 2020.

ARMYs, sudah siap meminang Map of The Soul: Persona Our Many Face dan memecahkan makna lagu-lagu di album “Map of the Soul: Persona”? [arreuvia]

0
arreuvia
Penikmat drama korea.