Anjuran #dirumahaja dan pshycal distancing tentu saja membuat aktivitas menjadi terbatas. Terlebih aktivitas perawatan diri yang biasanya dilakukan di salon, tempat spa atau klinik kecantikan lainnya. Selain itu, abai terhadap diri sendiri tanpa sadar sering dilakukan. Seperti, malas merawat kesehatan kulit, merawat kesehatan rambut, dan lainnya. Alasan malas merawat karena hanya #dirumahaja pun kerap dijadikan tameng. Namun, hal tersebut seharusnya dapat diusir jauh-jauh dari pikiran. Sebab, kemalasan yang dipelihara ketika harus #dirumahaja  akan berdampak ketika kita menyambut kehidupan new normal  ini.

Pada akhirnya, keluhan kulit kering atau malah berminyak, kulit kasar, rambut rontok, dan lain sebagainya akan menjadi cuitan sehari-hari. Sebenarnya, banyak hal yang dilakukan untuk merawat kesehatan diri dan kecantikan diri ketika harus #dirumahaja sehingga tidak hanya fisik sehat yang mampu menyambut  new normal, tetapi juga kulit yang sehat. Berikut bahan alami yang mudah didapat dan dapat digunakan di rumah untuk memiliki kulit yang sehat dan cerah.

1. Teh Hijau

@stri_khedonia

Teh hijau merupakan bahan alami yang mudah didapat. Teh hijau mengandung flavonoid yang bisa menjaga produksi kolagen di kulit. Kolagen sangat diperlukan bagi kulit untuk menjaga elastisitasnya.

Cara penggunaan: rebus air panas dan teh hijau hingga air berubah warna, dinginkan, kemudian oleskan pada wajah dan gosok dengan lembut. Tunggu hingga 15 menit lalu basuh dengan air dingin. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Pepaya

@ilyuza

Pepaya mempunyai kandungan enzim papain yang berguna untuk menghilangkan sel-sel yang mati sehingga wajah tampak lebih bercahaya.

Cara penggunaannya: ambil pepaya yang matang lalu potong kecil-kecil dan campur dengan madu, kemudian ratakan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Setelah kering bilas dengan air dingin.

3. Madu

@heatherbarnes

Madu memiliki sifat antimikroba dan kaya antioksidan yang dapat membuat kulit kenyal dan menghilangkan bekas luka. Penggunaan madu untuk perawatan cukup dengan mengoleskan beberapa tetes madu ke wajah sampai dengan leher sembari dipijat dengan arah memutar, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari untuk mendapat manfaatnya secara cepat.

4. Lemon

@blcksdz

Lemon mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, lemon dapat membantu mencerahkan dan membuat sel-sel kulit mati menjadi terangkat.

Cara penggunaan: cukup dengan campurkan perasan lemon dengan gula, kemudian gosok dengan gerakan memutar perlahan dan biarkan selama 10 menit, kotoran atau kulit kering pun akan terangkat.

5. Kunyit

@foodism360

Kunyit mempunyai kandungan curcumin yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan tersebut dapat menghilangkan radikal bebas yang merusak kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lebih terawat.

Cara penggunaan: oleskan campuran bubuk kunyit dengan tepung beras ke wajah ataupun tubuh yang digunakan sebagai lulur. Kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas dengan air bersih. Penggunaan lulur ini dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu.

6. Minyak kelapa

@christinhumephoto

Minyak kelapa mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Minyak kelapa juga sangat cocok untuk orang berkulit kering dan kusam. Manfaat minyak kelapa dapat mengunci kelembaban kulit.

Cara penggunaan: teteskan minyak kelapa di tangan, lalu usapkan pada wajah dan leher. Biarkan semalaman supaya meresap dengan sempurna.

7. Minyak zaitun

@robertina

Minyak zaitun mempunyai kandungan flavonoid dan polifenol yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan pada kulit.

Cara penggunaan: teteskan minyak zaitun di tangan dan ratakan pada wajah dan leher, kemudian diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Selamat mencoba!

0
arreuvia
Penikmat drama korea.