Sebentar lagi bulan Oktober menyapa. Bagi para pecinta literasi mungkin tidak sabar menanti datangnya bulan kesepuluh ini. Pada bulan ini, kita tidak hanya menyambut hari “sumpah pemuda”, tetapi juga menyambut “bulan bahasa”.  Ya, bulan bahasa. Kenapa bulan bahasa jatuh pada bulan Oktober? Tidak lain karena sumpah pemuda, tepatnya pada bagian “kami poetra dan poetri indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”. Sayangnya, kemeriahan bulan bahasa ini belum semeriah hari-hari nasional lain di Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, para pecinta literasi, dapat menemukan kemeriahan pada bulan Oktober mendatang? Salah satunya adalah mengikuti serangkaian acara yang dibuat oleh salah satu himpunan mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret. Acaranya adalah Pekan Bahasa dan Sastra.

Pekan Bahasa dan Sastra atau yang biasa disingkat PBS adalah salah satu dari program kerja tahunan HMP prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret. Tahun ini, PBS VIII 2020 mengangkat tema “Puisi: Beribu Kiasan Bukan Hiasan”. PBS adalah sebuah acara yang terdiri dari serangkaian acara. Apa saja acaranya?

1. Lomba Cipta Puisi

Jika menyebut kata “sastra”, mungkin yang pertama kali muncul dalam pikiran banyak orang adalah puisi. Jika menyebut frasa “lomba sastra”, barangkali akan muncul pula frasa “lomba cipta puisi”. Begitu pun dengan PBS ini. Acara yang pasti ada adalah lomba cipta puisi. Eits, jangan meremehkan dulu, ya! Karena lomba cipta puisi yang diusung para panitia PBS ini bukanlah lomba cipta puisi seperti yang kita temui! Apa, sih, istimewanya? Lomba cipta puisi ini bukan hanya tingkat nasional, melainkan tingkat se-Asia Tenggara!

Wah, keren banget, ya? Nah, selain tingkat lombanya yang sudah sampai Asia Tenggara, tema lomba cipta puisi ini bebas, lho! Jadi, kalian bisa bebas mengirimkan puisi terbaik yang sudah punya kalian simpan rapat-rapat. Tidak hanya itu, seluruh peserta mendapatkan sertifikat elektronik dan tentu saja hadiah menarik lainnya bagi pemenang dan kontributor terbanyak. Penasaran apa hadiahnya? Yuk, langsung gas cek tautan di sini.

2. Lomba Baca Puisi

Kalian tidak bisa membuat puisi, tapi lancar banget kalau diminta baca puisi? Lomba ini bisa jadi pilihan! “Lho, ini masih pandemi, jadinya bagaimana? Takut kalau disuruh pergi ke tempat lomba!”. Jika itu pertanyaan yang muncul di benak kalian, tenang saja, ketakutan kalian tidak akan menghalangi niat kalian untuk ikut lomba ini. Lomba ini tentu saja diadakan secara daring.

Pakai Zoom, Kak? Haduh, sinyal di rumahku naik-turun, nih! Dahlah, menyerah aja, ikut yang tahun depan!” Hei, jangan mudah menyerah sebelum mencari informasi! Karena panitia PBS ini kece badai luar dan dalam, tentunya mereka sudah memikirkan matang-matang. Lomba ini sama sekali tidak menggunakan konferensi video, tetapi kita hanya perlu membuat video dan mengirimkan tautan ke panitia. Untuk lebih lengkapnya, bolehlah, klik tautan di sini.

3. Lomba Menulis Esai

Tidak punya bakat dalam menyusun untaian aksara yang menawan? Memiliki banyak argumen tetapi bimbang ke mana menyalurkannya? Tenang saja, panitia PBS menyiapkan lomba khusus untuk kalian pecinta karya ilmiah. Lomba ini merupakan lomba perdana dari serangkaian acara Pekan Bahasa dan Sastra VIII 2020, lho.

Lomba esai ini cocok untuk kalian yang ingin menyalurkan argumen kalian selama pandemi ini. Argumen kalian yang sudah menumpuk di kepala, akhirnya bisa terjun bebas dan menghasilkan sebuah karya ilmiah yang spektakuler. Hmm … tidak sabarkah kalian? Baiklah, untuk yang ingin sekali mengirimkan esai bertema “Peran Generasi Muda dalam Mengatasi Permasalahan Pendidikan di Masa Pandemi” langsung klik di sini.

4. Webinar

Acara Pekan Bahasa dan Sastra hanya lomba saja, ya? Tentu tidak. Setelah jiwa kompetisi kita berkobar, saatnya mendinginkan dengan mengikuti acara webinar. Jadikan akhir pekanmu lebih produktif dengan mengikuti diskusi kritis bersama narasumber-narasumber yang tentunya luar biasa.

Tema yang diangkat pada webinar adalah “Inovasi Motivasi Masa Kini”. Wah, dari temanya saja sudah membuat penasaran, bukan? Kalian yakin akan melewatkan webinar keren hanya untuk bersantai ria dan membuang detik-detik berharga kalian? Yuk, ikut webinar dan dapatkan ilmunya! Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menunggunya di akun Instagram @pekanbahasasastra.

5. HIMPROBSI Berbagi

Setelah serangkaian acara yang begitu membara, saatnya menutup acara dengan bersedekah dengan sesama. Acara ini sebagai bentuk rasa syukur panitia PBS atas kelancaran acara Pekan Bahasa dan Sastra dengan berbagi kepada anak-anak Panti Asuhan Al-Husna.

Wah, selain kreatif dalam menyusun rangkaian acara yang spektakuler, para panitia memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, ya! Ayo, tunggu apa lagi, mari ikut serta meramaikan Pekan Bahasa dan Sastra VIII 2020! Tidak hanya berkarya, kita juga ikut membantu sesama!

2
ruangliterasi
Redaksi @Ruangliterasi